TRANSLATE GOOGLE

BISNIS ONLINE LAGI DAH..

Jumat, 09 Oktober 2009

Teknologi baru Dari Nvidia siap saingi ATI

Fermi, Arsitektur GPU Terbaru NVIDIA

arsitektur fermi (Softpedia)

Arsitektur GPU terbaru besutan NVIDIA akhirnya resmi diumumkan. Arsitektur GPU yang diklaim telah mendukung memori hingga 6GB GDDR5 itu bernama Fermi.


Perusahaan yang berbasis di Santa Clara, California tersebut mengumumkan, Fermi akan menjadi inti otak dari seri grafis GeForce, Quadro, dan Tesla mendatang. Selain mengusung grafis yang lebih mumpuni, seri terbaru arsitektur GPU NVIDIA ini akan mengusung segmen yang baru pula.

"Sudah sangat jelasbahwa kini GPU adalah tujuan utama untuk menampilkan grafis memukau secara paralel, bukan sekadar chip grafis," ujar Jen-Hsun Huang, co-founder dan CEO NVIDIA, seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Kamis (1/10/2009).

"Arsitektur Fermi mengintegrasikan tools, libraries, dan engine secara langsung. Kita juga telah bekerjasama dengan ribuan pengembang CUDA di seluruh dunia," tambahnya.

Sebelumnya arsitektur GPU yang memiliki nama lain GT300 ini, disebut banyak membawa beberapa teknologi terbaru NVIDIA. Berdasar fitur terbaru GPU tersebut, NVIDIA menyoroti teknologi baru yang hadir di Fermi seperti:
  • C++, yang mensupport C, Fortran, Java, Python, OpenCL serta DirectCompute.
  • ECC, perangkat wajib bagi pengambangan GPU secara luas pada datacenter dan supercomputing center.
  • 512 CUDA Cores berfitur IEEE 754-2008 floating-point standard terbaru.
  • 8x double precision arithmetic performance di semua generasi terbaru GPU NVIDIA. Double precision adalah penting bagi aplikasi high-performance computing (HPC), seperti linear algebra, numerical simulation, dan quantum chemistry.
  • NVIDIA Parallel DataCache - True Cache hirarki pertama di dunia dalam hal kecepatan GPU, yang mempercepat kinerja alogaritma seperti physics solvers, raytracing, dan sparse matrix multiplication, di mana alamat data belum dikenal sebelumnya.
  • NVIDIA GigaThread Engine yang mendukung concurrent kernel execution, di mana kernel berbeda dalam sebuah aplikasi yang sama, dapat mengeksekusi konten GPU dalam waktu yang bersamaan (seperti: PhysX fluid dan rigid body solvers).
  • Nexus - Aplikasi komputasi pertama di dunia yang secara terintegrasi dikembangkan dalam Microsoft Visual Studio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar